Senin, 27 Februari 2012

Modifikasi Toyota Rush

Nah, ini dia mobil cukup yang cukup menjadi sorotan mata para peserta dan juga pengunjung SKA MALL Pekanbaru pada saat gelaran Clas Mild Accelera Auto Contest beberapa saat lalu. Toyota Rush keluaran 2009 yang digarap oleh rumah modifikasi XTREME Abadi Pekanbaru dengan tampang yang ekstrim dan sesuai dengan naman bengkel juga konsepnya yang sama-sama ekstim, akhirnya berhasil pula meraih gelar sebagai The King Extreme Clas Mild AAC Pekanbaru 2010.

Bagaimana tidak, liat saja tampang Rush ini, mulai dari eksterior sampai dengan sisi bagian kabinya telah habis mendapat rombakan yang sangat frontal. Namun ada lagi yang cukup mengagetkan, ternyata Toyota Rush ini dibuat benar-benar dari “0” (nol). Eiit … bukan berarti digarap dari bentuk aslinya hingga seperti ini, tapi yang dimaksud dengan nol adalah kilometernya lhoo, alias mobil ini langsung di vermak habis ketika keluar dari dealer, mantabkan !

Pengerjaan Toyota Rush yang masih virgin ini berlangsung  selama 4 bulan, tak tanggung-tanggung, Rush ini langsung digarap masal sebanyak 200 orang untuk yang mengerjakan ditiap-tiap sektornya masing-masing. “Supaya lebih cepat pengerjaanya, tidak terkatung-katung dan tidak harus menunggu-nunggu,” ujar Vivi Yanti sebagai pemilik mobil si virgin ekstrim ini.

Ubahan utama tentu berada di tampilan luarnya. Untuk menghilangkan sedikit tampang standar Rush ini, maka penempelan full bodykit turut disematkan, bahkan spoiler di bumper depan hampir menjilat aspal terlebih ketika disematkan pelek besar dari EXE Pegasus berukuran 22”. Walaupun demikian, Vivi masih kepingin agar mobil tetap berfungsi layaknya kendaraan sehari-hari, oleh karena itu ia mengakalinya dengan pemasangan air suspension kepunyaan Universal air 4 point.Uups … rupanya dalam mengarap Rush ini, Vivi dan rekan-rekannya mengalami kesulitan dalam instalasi air suspensinya. Karena tak ingin menyerah, maka ia sengaja mendatangkan specialis air suspension dari Akasia Motor di Jakarta. “Maklum di Pekanbaru belum ada specialist air suspen, jadi mau tak mau saya datangkan dari Jakarta aja langsung,” Ujarnya. Beralih ke sektor yang cukup menjadi perhatian adalah bagian pintunya yang dibuat dengan model scissors door atau model gunting yang dapat dibuka keatas. Pengerjaan eksterior cukup terpilang apik dan rapih, karena hampir tak ada cacat sedikitpun dari sisi depan samping juga bagian belakangnya. Tak lupa juga bagian head lamp yang dirombak dengan menggunakan HID 8500K dan foglamp millik Mitsubishi Triton HID 8500K. Selain itu kap mesin depan juga telah di custom dengan menggunakan sunroof engine yang dapat dibuka tutup dengan sistem motorized.
Begitu pintu gunting terbuka, terlihat dalaman interior yang tertata rapi namun menonjolkan aroma sporty yang tajam dengan adanya berbagai indikator dari Auto Gauge yang bersarang di bagian dasboard layaknya mobil-mobil racing. Belum lagi dengan beragam fitur lainnya untuk memaksimalkan nuansa sportnya, sperti pemasangan jok Recaro 4 titik, stier, pedal, shiftknob dan juga karpet bawah yang semuanya memakai MOMO.

Setelah itu semua tertata, maka seluruh kabin dalaman Rush dibalut dengan lapisan semi kulit dari MB Tech yang bermotif two tone. Bahkan Vivi juga menempatkan Nitro Oxde System Venom di bagian consul tengah yang makin memposisikan bahwa si perawan Rush ini sebagai mobil Extream. Tak ingin kehilangan sisi hiburan, maka piranti sound car system juga turut disematkan pada Rush ini. Dalam pemasangan atau instalasi audionya Vivi juga tak mau setengah-setengah, bayangkan apa saja yang tertanam di dalam kabin si perawan ini, 8 set speaker MA,  6 set subwoofer berukuran 12”, dan banyak lagi yang semuanya di control oleh head unti Pioneer AVH-P4150DVD. Bisa buat ajib-ajib dijalanan, layaknya car street party lhoo ….
Rampung dengan tampilan luar, kabin dan audio, giliran sektor mesin yang mendapat jatah untuk digarap. Garapan yang dilakukan Vivi cukup terbilang gahar, bagaimana tidak sebagian dari isi hood depannya telah terjejali dengan parts racing, mulai dari air filter SIMOTA, Vakum Filter Hurricane, Engine Cut Off HELLA, Nitrous System NOS, Nitro Oxde System Venom juga 4 buah muffler dari MOMO yang semuanya berfungsi, bukan sekadar hiasan semata dan masih banyak lainnya lagi.
Dalaman mesin juga mendapat sentuhan, seperti silinder dan intake yang telah di haluskan alias porting polish ditambah dengan pemasangan turbocharge membuat power Rush ini membengkak tinggi hingga 160 dk saat dilakukan dynotest. Namun itu baru tenaga murni dari mesin saja looh, belum ditambah dengan tekanan power dari NOSnya. Bisa tambah membengkak tenaga dalam si perawan ini….
Apa yang dihasilkan oleh Rush ini menjadi kebanggan untuk saya dan rekan-rekan dari Xtreme Abadi, namun tak lantas kami lansung puas begitu saja lhoo…karena untuk kedepanya masih ada ubahan lainnya pada rush ini, yaitu pemasangan ragtops secara motorized yang dapat dibuka tutup secara otomatis bila hujan turun,” ujar Vivi yang telah menghabiskan kocek kurang lebih Rp 80 jutaan untuk si Perawan Toyota Rush ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Free Car Cursors at www.totallyfreecursors.com