Kala itu di negara Amerika Serikat pada saat balap WC Honda Challenge
H1 class, terdapat Honda Civic Hatchback dari tim TEIN USA dimodifikasi
agar bisa bersaing di balap time attack maupun balap sirkuit. Mulai
dari eksterior yang dimodifikasi dengan penambahan spoiler, interior
yang dibuat kosong demi pengurangan bobot, hingga mesin dilakukan swap
memakai B-Series yang bertenaga sangar. Tapi Boyan tidak memiliki Civic
Hatchback yang berada di Amerika Serikat, dia hanya penggemar mobil
racing style.
Pada
gelaran Clas Mild Accelera Auto Contest (CMAAC) Surabaya 2011 di SSCC
Supermall pada 23-24 April lalu, bertengger Honda Civic VTi-S yang
bermodifikasi racing style kepunyaan Boy (sapaan akrab Boyan). Dia
merombak total semua sektor Civic VTi-S nya supaya mirip dengan Civic
Hatchback seperti mobil balap tim TEIN USA tersebut. Tidak hanya
eksterior saja, tetapi interior juga kena imbasnya berikut juga mesin
bawaannya.
Bermula dari eksterior, Boy menyematkan
bodi kit custom. Mulai dari penambahan lips pada bemper depan dan
belakang yang berbentuk agak melancip khas mobil balap, kemudian
ditambahkan side skirt custom, hingga wing custom yang melengkapi
bagian belakang Civic VTi-S ini. Kemudian bodi dilaburi dengan cat
berkelir putih dipadukan dengan stiker custom bercorak tim TEIN USA.
Sebagai pendukung racing style pada
eksterior, Boy harus menggeser velg standar dengan velg Sparco
berdiameter 19 inchi yang dikelilingi ban Continental Sportcontact 2.
Susupensi Tein yang dipasangkan di Civic VTi-S nya yang membuat mobil
semakin ceper.
Boy terus mengejar racing style di
sektor interior pada Civic VTi-S nya. Jok standar depan dan belakang
berikut doortrim harus dipensiunkan. Kemudian barang berlabel Sparco
bertebaran mulai dari sebuah jok, stir, dan pedal set. Lalu untuk seat
belt dipakainya yang berlabel TAKATA. Untuk dashboard dan plafon Civic
VTi-S nya dilapiskan kulit berwarna hitam. Head unit dipensiunkan,
gantinya adalah Apexi untuk memanipulasi ECU standar dan juga
mendongkran tampilan. Di bagian speedometer terdapat tachometer
tambahan dari Autometer Sport Comp II. Kemudian sekeliling interior
terdapat roll bar berwarna hijau yang makin mendukung tema racing style
pada Civic VTi-S ini.
Intip ke bagian ruang mesin, Boy hanya
melakukan ubahan sedikit tetapi bermakna banyak pada Civic VTi-S nya.
Mulai dari cover klep di-cat berwarna putih merah khas lambang negara
matahari. Untuk mendongkrak tenaga, Boy menggantikan exhaust system
mulai dari header custom hingga berakhir di muffler HKS. Agar mesin
bisa bernafas lega, Boy menggantikan filter udara standar dengan
Simota. Hasilnya, mobil bisa lebih ngacir.
Dengan perubahan semua itu, Boyan pede
mengikutsertakan Honda Civic VTi-S racing style nya untuk mengikuti
gelaran Clas Mild Accelera Auto Contest Surabaya 2011 lalu dan terbukti
banyak menyita perhatian orang.
Eksterior : Lips Custom, Wing Custom. Interior : Jok Sparco, Stir Sparco, Pedal Set Sparco, Seat Belt TAKATA, Doortrim Custom, Rollbar Custom, Tachometer Autometer Sport Comp II. Kaki-kaki : Velg Sparco 19 Inchi, Ban Continental Sportcontact 2, Suspensi TEIN, Strut Bar Cusco. Mesin : Custom Exhaust System, Muffler HKS, Air Filter Simota, Oil Catch Tank Cusco.
sumber:http://modifikasi.bosmobil.com/berita/Artikel_Modifikasi-6/TEIN_Civic__Honda_Civic_Modifikasi-967.html
0 komentar:
Posting Komentar