Rabu, 29 Februari 2012

Modifikasi Toyota Celica

Toyota Celica SS-II adalah sport car yang memiliki tampang standar yang berkesan balap. Tampang standar aja sudah bisa dibilang cihuy. Apalagi kalau sudah terkena sentuhan modifikasi. Makin cihuy donk. Ya benar, inilah Toyota Celica SS-II 2004 kepunyaan Sher Achmad Reza V. Awan yang dibelinya tahun 2008. Reza beruntung karena dia bisa membeli Toyota Celica SS-II TRD Version.

Konsep modifikasi yang dipilih oleh Reza untuk mobil Toyota Celica SS-II ini adalah Street Racing. “Konsep ini pas banget ama gaya hidup gua. Kebetulan gua suka ngebut di jalan raya tapi masih sering dipakai untuk harian. Siapa tau sambil jalan-jalan bisa balapan hihihi. Yang pasti Street Racing itu cowo banget deh.” ungkap Reza selaku ketua umum sekaligus pendiri X Rules 234.
Pada sektor bodi, Reza melapisi stiker di seluruh bodi mobilnya dengan warna Matteblack diikuti pengecatan dengan warna yang sama di bemper. Karena menjabat sebagai ketum, lambang 234 SC dibuat dalam ukuran besar dan ditempelkan pada bagian kap mesin. Demi mengejar Street Racing, Reza menambahkan TRD Hood Spoiler Bonnet Diffuser Wing Carbon, TRD Rear Spoiler Wing Carbon, dan TRD Custom Lips Carbon. Kemudian lampu belakang dilapisi stiker Smoke, diikuti kaca yang dilapisi 3M Autofilm Black Beauty & Night Hawk.
Modifikasi sektor interior tak kalah cihuy. Untuk menambah kesan Street Racing, jok Bride Ergo 2 dipasang menggantikan jok bawaan Toyota Celica SS-II ini, dilengkapi dengan seatbelt MOMO 4 Points dan Schrotch 4 Points yang membuatnya jadi pede saat ngebut di jalan raya. Sedangkan stir bawaan pabrik dan door trim dilapisi kulit warna hitam dari Autoleder. Carbon Print Panel, RaceTech Tachometer & Vacuum, Autogauge Volt Meter, dan TRD Speedometer Indiglow menambahkan kesan aliran Street Racing. Roll Cage 4 point dirasakan perlu selain melengkapi aliran Street Racing, juga untuk menambahkan keamanan saat ngebut di jalanan.
Pindah ke sektor kaki-kaki, Reza mengganti velg bawaan pabrik dengan velg SSR D5R Japan berukuran 19x8,5 inchi yang dilapisi ban Achilles dengan ukuran 225/35/19 di velg bagian depan dan ban Accelera dengan ukuran 235/35/19. Velg SSR tersebut tambah manis dengan baut roda dari D1Spec Japan. Jamex sportkit menggantikan suspensi standarnya. Efeknya mobil menjadi semakin cihuy karena mobil menjadi lebih ceper. Piringan cakram masih bawaan pabrik tetapi dimodifikasi dengan dibolong-bolongi. Bukan hanya sekedar gaya, “Biar ada angin masuk, tetapi cakram mobil gua sering kepanasan akibat dari hawa panas mesin. Pengennya sih ganti sekalian yang berukuran lebih besar. Tapi barangnya belum dapet, dan juga belum ada duit hihihi.” jelas Reza.
Walaupun mesin tidak terlihat dari luar, tetapi Reza juga memberi sentuhan modifikasi pada mesin Toyota Celica SS-II nya. Mesin 2ZZ-GE ini sebenarnya sudah cukup bertenaga. Tetapi dirasa Reza kurang. Ubahannya cukup ekstrim. Piston, Klep, dan Crankshaft diganti dari merek TRD. “Dulu gua pernah ngebut di tol dengan kecepatan 180km/jam, tapi setelah itu jebol mesinnya hihihi. Makanya internal mesin diganti pake TRD.” Ungkap pria yang bekerja sebagai IT Specialist ini. Pastinya sekarang lebih enak lagi dong larinya. Header diganti custom berkonfigurasi 4-1 lengkap dengan pipa berukuran 2 inchi berakhir dengan Muffler Trust Greedy. Bagian pengapian mesin dipakai dari HKS dan Pivot. Dastek Unichip Type Q dipakai untuk menipu ECU standar agar pengapian lebih maksimal yang mengakibatkan mesin lebih bertenaga. Hasilnya, tenaga 190HP diraih.
Sektor audio juga terkena imbas dari aliran Street Racing. Konsep dari penambahan audio kearah Sound Pressure Level (SPL). Head Unit yang dipakai adalah Pioneer P7650 lengkap dengan layar. Agar mendapatkan suara yang berkualitas, Reza memakai speaker Vifa Logic. Karena audio kearah SPL, sebanyak 4 subwoofer dimasukkan ke dalam mobil Toyota Celica SS-II nya yang masing-masing 2 Subwoofer Cliff Design Pro 12 inchi dan 2 Subwoofer Diamond M5 12 inchi. Semua dari speaker dan subwoofer di drive oleh power dari Krone, Cliff Design, Venom 2000D, dan Venom 800. “Gua demen banget sama lagu yang beat nya enak, seperti R&B, Techno, Hip-Hop, dan sejenisnya. Tapi kalau masalah selera, gua suka dengan semua jenis musik hehehe.” bilang pemuda berusia 23 tahun ini. Waduh, berarti dangdut juga suka bos? Hehehe kidding bos.
Dari semua sektor yang dimodifikasi, Reza mengikutsertakan Toyota Celica SS-II nya dengan mengikuti beberapa ajang kontes modifikasi. Hasilnya, “gua uda ngumpulin 8 piala untuk Celica ini sejak 2010. Sebenarnya gua dulu sering ikut kontes tapi waktu dulu masih pake Kijang Innova. Ya total ada 18 piala.” ucap Reza yang berdomisili di daerah Depok ini. “Ini mobil kesayang gua, bos. Karena ini mobil sport 2 pintu paling hemat bensinnya, dan urusan perawatan juga tidak terlalu ribet. Dan juga ini mobil paling berkesan karena semuanya memakai uang dari tabungan gua.” jelas Reza yang hobi main basket ini. Rencana kedepannya apa nih bos? “Rencana mau pakai bodikit dari Veilside lengkap dengan wide body, wing juga diganti, ngelapisin suede di interior, dan mau pasang NOS.” tutupnya.

Data Modifikasi:
Eksterior: Matteblack & Black Gloss Full Body Cutting Stiker, Matteblack Front Bumper Paint, Full Body Custom Sticker 234 SC & Brand, Full Bodykit TRD, TRD Hood Spoiler Bonnet Diffuer Wing Carbon, TRD Custom Lips Carbon, Smoke Sticker Tail Light, Custom LED Rear License Plate, Black Side Markers, HID Gartner 10000K, Fog Lamp 4300K, 3M Autofilm Black Beauty & Night Hawk.
Interior: Full Black Red Autoleder Door Trim & Steer, Bride Ergo 2 Racing Seats, Carbon Print Panel, Momo Seatbelt Racing 4 Points, Schrotch Seatbelt Racing 4 Points, RaceTech Tachometer RPM & Vacuum, Autogauge Volt Meter, TRD Speedometer Indiglow, Custom LED Door Sill Plate & Dashboard Red Color, Custom Black Ceiling, Custom Roll Cage 4 Points.
Kaki-Kaki: SSR D5R Japan 19x8,5 Inch, Accelera 235/35/19 & Achilles 225/35/19, D1Spec Japan Red Racing Nut, Jamex Sportkit, Custom Shockbreaker, Custom Drilled Rotor Disc Brake, Endless Cover Brake Caliper.
Mesin: TRD Red Cover Engine, Custom Strut Bar 4 Points (Front Up-Down, Rear Up-Down), Custom Header 4-1 with 2 Inch Pipe, Muffler Trust Greedy, Dastek Unichip Type Q, HKS Racing Sparkplug, HKS Cold Air Intake, Hurricane Replacement Air Filter, Pivot Raizin Volt Stabilizer, Pivot Raizin Spark, Simota Carbon Oil Intake Filter, Lift Bolt Celica GTS, Piston-Crankshaft-Klep TRD, Greedy Oil Catch Tank, HKS Oil Caps, HKS Radiator Caps, HKS Custom Intercooler.
Audio: Head Unit Pioneer P7650, 2 Pcs Monitor Avix AXM7HR, Center Speaker Pioneer, Full Speaker & Tweeter Vifa Logic, 2 pcs Cliff Design Pro Subwoofer 12 Inch, 2 pcs Diamond M5 Subwoofer 12 Inch, Power Krone, Power Cliff Design, Power Venom 2000D, Power Venom 800, 2 pcs Stinger Capasitor Bank 1.5F.
Thanks To : UFO – Kelapa Dua, Art Factory – Srengseng, SACS – Pondok Gede, Padi – Lenten Agung, Garden Speed – Cilandak, Diman Knalpot – Cinere, Jaya Spring – Haji Nawi, Fortuna Ban – Haji Nawi, Audio Design – Kelapa Dua.
Special Thanks To : X Rules 234.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Car Cursors at www.totallyfreecursors.com