Memiliki suatu hobi yang sudah lama
tidak disalurkan memang akan membuat seseorang gelisah. Jika dibiarkan
terus menerus, lama-lama akan membuat risih serta pusing. Oleh karena
itu, obatnya adalah harus segera disalurkan kembali. Mungkin inilah
langkah yang diambil oleh Budi untuk memiliki dan memodifikasi
Volkswagen Scirocco lansiran tahun 2010.
“Saya memodifikasi mobil ini untuk
membangunkan gejolak adrenalin lama yang telah terpendam,” buka Budi
dengan singkat. Volkswagen Scirocco ini memang terlahir sebagai mobil
sport. Tetapi performa standarnya masih kurang diterima oleh hati Budi.
Solusinya, Scirocco-nya pun di upgrade di segala sisi.
Sejak dibeli bekas pada tahun 2011 lalu,
sang empunya langsung mengarahkan rumah sakit alias bengkel
kepercayaannya untuk dioprek. Untuk meningkatkan tenaga yang signifikan,
turbo standar harus dipensiunkan. Gantinya adalah turbo berlabel Borg
Warner dengan jenis K04 Hybrid yang ukurannya lebih besar dari
standarnya. Pemasangan turbo ini berefek panjang ke bagian lainnya
seperti mengganti pipa-pipa pada turbo serta intake sampai ke filter
udara. Agar udara yang masuk ke mesin tetap dingin, intercooler pun
diganti dengan kepunyaan Forge. Tenaga semakin terdongkrak dengan
dipasangnya exhaust system F1 Valvetronic Turbo Back with Quad Titanium
Tips. Semua pergantian dioptimalkan pada sektor ECU yaitu pemasangan
Unitronic Stage 3+ Race Map.
Mesin telah di upgrade, giliran
kaki-kaki harus di upgrade agar mendukung pengendalian. Pemilihan satu
set velg forged dari Vorsteiner berdiameter 19 inci yang dibalut dengan
ban Toyo Proxes T1 Sport pun dirasa sangat cocok untuk Budi. Selanjutnya
suspensi dipasang berjenis coilover dari KW Variant 3 with DDC agar
pengendalian semakin sempurna serta didukung dengan Art Performance
Under Chassis Bar. Bagian pengereman juga di-upgrade, yaitu digantinya
piringan cakram bawaan dengan ukuran yang lebih besar beserta kaliper
6-pot dari AP Racing untuk bagian depan.
Dengan oprekan yang sempurna, tenaga
mobil Scirocco kepunyaan Budi naik secara drastis. “Sebenarnya belum di
dyno. Tetapi diprediksi dari bengkel mencapai 360 HP dari standarnya
sebesar 210 HP, lalu torsi melebihi 400 Nm,” sambung pria yang
berwirausaha ini.
Bodi Full Cutting Sticker
Sebagai penunjang mobil yang kencang,
tampilan eksterior pada Scirocco-nya juga dibikin nyentrik. Bodi yang
awalnya berwarna silver ini dilapisi stiker berwarna oranye di semua
bagiannya. “Ini bukan warna favorit, tetapi pengennya mencoba untuk
ngejreng dan tetap sporty hehe,” ucapnya.
Tidak sebatas stiker body saja, tetapi
beberapa bagian juga diberikan aksen karbon seperti kap mesin, lis bodi
samping dan lainnya.
Aksen karbon masih berlanjut hingga
interior yang terdapat pada jok cover, panel tengah, handle pintu dan
panel head unit. “Tujuannya biar terlihat racing tetapi masih terdapat
kesan mewahnya,” bilang Budi.
Audio Mumpuni
Rupanya, Budi masih tetap mempertahankan
kenyamanan pada Scirocco-nya. Hal ini dapat ditemui dengan masih adanya
head unit standar. Supaya suara dari head unit terdengar semakin cihuy,
Budi pun memasang perangkat audio yang mumpuni. “Saya dulunya bekas
pemain audio sebelum main ke mesin. Tetapi saya tidak pernah mengikuti
kontes hehe,” tutupnya.
Akhirnya, hobi-nya tersalurkan tetapi masih bisa mendengarkan musik yang merdu.
Data Modifikasi :
Mesin : Turbo Borg Warner K04 Hybrid with Forge Racing Actuator, Forge Diverter Valve With Special Racing Spring + Custom Relocation Kit, Custom Aluminium Intake Kit with Blitz Race Filter & Custom Heatshield, Custom Aluminium Boost Pipe Kit, Forge Twintercooler Kit, F1 Valvetronic Turbo Back with Quad Titanium Tips, Unitronic Stage 3+ Race Map, Neuspeed Crank Pulley Kit, Forge Oil Catch Can Kit, Custom Engine Oil Cooler Kit With Aeroquip Fittings And Lines + CNC Oil Adaptor, Magnetic Sard Oil Filter, Art Performance Billet Oil Pan, Forge Radiator Coolant Hose Kit, Blitz Boost Gauge.
Kaki-Kaki : Velg Vorsteiner 19 Inch, Ban Toyo Proxes T1 Sport 255/40-R19, KW Variant 3 Coilover Suspension with Direct Digital Control (DDC), AP Racing 6 Pot Red Caliper with 362mm Floating Curved Rotor.
Audio : Speaker Focal Berrylium 2-way, Sub Kenwood 10 Inch (2pcs), Power Audison LRX 2.9 (3pcs), Processor Audison Bit 10 D.
Mesin : Turbo Borg Warner K04 Hybrid with Forge Racing Actuator, Forge Diverter Valve With Special Racing Spring + Custom Relocation Kit, Custom Aluminium Intake Kit with Blitz Race Filter & Custom Heatshield, Custom Aluminium Boost Pipe Kit, Forge Twintercooler Kit, F1 Valvetronic Turbo Back with Quad Titanium Tips, Unitronic Stage 3+ Race Map, Neuspeed Crank Pulley Kit, Forge Oil Catch Can Kit, Custom Engine Oil Cooler Kit With Aeroquip Fittings And Lines + CNC Oil Adaptor, Magnetic Sard Oil Filter, Art Performance Billet Oil Pan, Forge Radiator Coolant Hose Kit, Blitz Boost Gauge.
Kaki-Kaki : Velg Vorsteiner 19 Inch, Ban Toyo Proxes T1 Sport 255/40-R19, KW Variant 3 Coilover Suspension with Direct Digital Control (DDC), AP Racing 6 Pot Red Caliper with 362mm Floating Curved Rotor.
Audio : Speaker Focal Berrylium 2-way, Sub Kenwood 10 Inch (2pcs), Power Audison LRX 2.9 (3pcs), Processor Audison Bit 10 D.
0 komentar:
Posting Komentar