Minggu, 04 Maret 2012

Modifikasi Honda Civic Estilo

Sebuah mobil balap layaknya hanya bisa berjalan di sirkuit karena memang dibangun dengan spek khusus. Berbeda bagi Honda Civic Estilo kepunyaan James W, karena beliau menginginkan mobil balap yang bisa juga untuk jalan-jalan di jalan raya.

Honda Civic Estilo Modifikasi Engine+
Dikomandoi oleh Luckas Dwinanda dari Engine+, Civic Estilo ini dibangun sesuai dengan permintaan sang owner. “Yang punya pengen punya mobil yang bisa ikutan balapan touring maupun drag race, tetapi harus bisa dibawa jalan-jalan juga,” buka Luckas.
Honda Civic Estilo Modifikasi Engine+
Berawal dari perubahan pada eksterior terutama bodi yang awalnya berwarna biru diganti dengan warna putih yang di-mix sendiri agar menghasilkan putih cyralic. Pengecetan pun dilakukan sampai bagian rangka agar serasi dengan bodi. Sedangkan bemper beserta lampu masih dibiarkan standar karena tampilannya sudah oke.
Honda Civic Estilo Modifikasi Engine+
Honda Civic Estilo Modifikasi Engine+
Masuk ke interior, semua panel trim dan jok ‘ditelanjangi’ karena dirasa tidak diperlukan lagi. Gantinya adalah rollcage custom serta jok Bride. Dashboard juga kena imbasnya, tapi masih mengandalkan standarnya dengan dilapiskan carbon. Denger-denger sih dashboard begini baru pertama kali di Indonesia hehehe. Panel spidometer standar juga dirasa tidak perlu lagi dan diganti dengan kepunyaan Haltech.
Honda Civic Estilo Modifikasi Engine+
Honda Civic Estilo Modifikasi Engine+
Honda Civic Estilo Modifikasi Engine+
Pindah ke kaki-kaki, sekilas masih seperti standar Civic Estilo. Tetapi jika diperhatikan, sudah dilakukan perubahan pada sektor rem dengan menggunakan NSX untuk bagian depan. Sedangkan rem belakang masih menggunakan kaliper standar tetapi piringannya diganti kepunyaan Endless. Untuk velg menggunakan Racing Hart 16 inci berlapis Yokohama Advan Neova AD07 ber-spek 205/40-R16. Agar pada saat menikung bisa stabil, shock breaker harus di-upgrade dengan memakai shock absobers berlabel Aragosta.
Honda Civic Estilo Modifikasi Engine+
Tidak muluk-muluk, bagian mesin juga harus diganti. Kali ini diambil dari Honda Integra Type R berkode B18C dengan pemasangan yang mudah tanpa ubahan khusus. Tetapi untuk membangkitkan tenaga, modifikasi tetap dilakukan, seperti kem dan per klep dari Jun, klep Ferrea, piston Toda dengan kompresi mencapai 12.5:1, header 5Zigen JASMA dan masih banyak lagi deh (baca spek-nya gan). Tidak lupa memakai LSD KAAZ 2way serta kopling set Exedy Metal Single agar tidak terjadi slip. Untuk suplai bahan bakar, salah satu modifikasinya adalah dengan penggunaan tangki khusus dilengkapi dengan surgetank, “agar pada saat mobil menikung, tetap mendapatkan suplai bahan bakar yang stabil,” ucap Luckas. Sementara bagian ECU menggunakan jenis stand alone. “Stand alone lebih akurat dan memiliki kelebihan input maupun output yang bervariasi, seperti engine protect system, launch control dan lain-lain,” tambah Luckas. Sedangkan untuk bagian pendingin mesin atau radiator tidak bisa menggunakan standarnya lagi yang terkenal kecil. “Ganti dengan ukuran lebih besar karena untuk menahan panas mesin saat dipakai balap touring dengan putaran mesin antara 6000-9500 RPM,” tambah pria yang ramah ini.
Honda Civic Estilo Modifikasi Engine+
Honda Civic Estilo Modifikasi Engine+
Honda Civic Estilo Modifikasi Engine+
Honda Civic Estilo Modifikasi Engine+
Hasil modifikasi yang dilakukan Luckas terhadap Civic Estilo kepunyaan James mengukir prestasi di kancah balap resmi. “Mobil ini sudah sering mendapat juara 1 di kelas Indonesian Super Touring Championship. Pernah juga balap drag race, tetapi kurang bagus hasilnya karena masalah traksi yang berbeda setingan pada touring dan drag race. Tetapi tidak dilakukan seting ulang karena drag race cuma iseng saja,” tutupnya.
Honda Civic Estilo Modifikasi Engine+
Spek :
Mesin : Mesin B18C (Integra Type R), Camshaft Jun 3, Piston Toda CR 12.5:1, Conrod Carillo, Main & Rod Bearing Clevite, Per Klep & Retainer Jun, Klep Ferrea, Header 5Zigen JASMA, Camgear Crower, Timing Belt Power Enterprise, ATI Damper Pulley, Exedy Metal Single, LSD KAAZ 2way, ATS Close Gear Ratio, Fuel Press SARD, Injector RC Engineering, Fuel Tank JAZ, Fuel Pump Holley, Stand Alone Haltech PS1000, Igniter Haltech HP4, Ignition Module Jacobs Ultra, Ignition Coil Jacobs, Radiator Koyo.
Interior : Rollcage Custom, Jok Bride, Dashboard Carbon Custom, Haltech Display Dash.
Kaki-Kaki : Velg Racing Hart 16”, Ban Yokohama Advan Neova AD07 205/40-R16, Rem NSX (Depan), Cakram Endless (Belakang), Shock Aragosta.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Free Car Cursors at www.totallyfreecursors.com