Minggu, 04 Maret 2012

Modifikasi Honda All New CR-V SQ

Layaknya, sebuah mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) dilahirkan untuk dapat melewati segala medan jalan. Mobil dengan jenis SUV memiliki kaki-kaki yang kuat dan ground clearance cukup tinggi sehingga mobil ini sangat cocok untuk keluarga.

Modifikasi Honda All New CR-V
Tetapi berbeda pada Honda All New CR-V kepunyaan Suparli yang agak nyeleneh karena sudah lari dari pakem sebuah kendaraan SUV. Mungkin di benak Suparli, kendaraannya harus dimodifikasi agar siap untuk bertarung di suatu gelaran kontes. Eittss, tunggu dulu. Dengan tampilan eksterior yang lumayan ekstrim, ternyata Suparli tidak menyertakan kendaraannya untuk mengikuti kontes modifikasi, melainkan kontes Sound Quality (SQ).
Modifikasi Honda All New CR-V
Supaya semua perangkat sound system siap pada waktunya,  pria yang bekerja sebagai wirausaha ini hanya berserah kepada workshop Lux’e Car Interior & Audioworkshop yang dikomandoi oleh Theodorus. Seperti apa sih modifikasi audio yang dilakukan Theo? Yuk kita simak dari luarnya dulu.

Pada eksterior, Suparli menginginkan tampilan yang lebih manis dari standarnya. Maka dari itu, Honda All New CR-V kepunyaannya hanya dilakukan pada penambahan bodikit yang diambil dari Modulo mulai dari bemper depan belakang, side skirt hingga rear spoiler. Pada lampu depan diberikan sedikit eyelids agar tampil lebih garang. Sedangkan tampilan belakang diberikan sepasang muffler yang mengikuti bentuk bemper.
Modifikasi Honda All New CR-V
Setelah tampilan eksterior mendapatkan nilai plus, otomatis bagian kaki-kaki juga harus dimodifikasi agar dapat mengimbanginya. Untuk hal ini, Suparli menggantikan roda bawaan Honda All New CR-V dengan velg replika Estatus berdiameter 22 inci berkelir gelap lengkap dengan ban Toyo Proxes ST2 265/35 R22. Pergantian roda dengan diameter lebih besar akan mengakibatkan ‘cingkrang’, maka dari itu Suparli mengutak atik seputaran suspensi yaitu dengan menggantikan per bawaan dengan merek Eibach. Efeknya, mobil jadi lebih pendek tetapi kenyamanan tetap terjamin.
Modifikasi Honda All New CR-V
Masuk ke bagian inti yang memang dipersiapkan untuk bertarung, giliran sang installer audio yang berkreasi. Berawal dari pergantian sumber suara yang mumpuni dipilih oleh Theo yaitu McIntosh MX4000 + McIntosh MDA4000 dikombinasikan dengan head unit Alpine F1 Status DVI-9990E beserta sebuah processor Alpine PXI-H990.
Modifikasi Honda All New CR-V
Modifikasi Honda All New CR-V
Untuk pengeras suaranya, Theo menyertakan 1 set speaker berkonfigurasi 3-way yang dilabeli Alpine F1 Status SPX-Z18T. Agar suara semakin presisi keluaran frekuensinya, maka Theo menambahkan crossover Deulund kepada speaker tersebut. Sedangkan untuk menghasilkan suara ber-frekuensi rendah, Theo hanya menyematkan 1 buah subwoofer JL Audio 8W7 8 inci yang dirasa sudah sangat cukup.
Modifikasi Honda All New CR-V
Agar semua speaker dapat menghasilkan suara yang bertenaga khas SQ, maka harus ditambahkan power amplifier pada masing-masing pengeras suara. Theo memilih 2 buah power McIntosh MC431M untuk men-drive speaker 3-way. Selanjutnya, disertakan sebuah power Diamond untuk mengiringi subwoofer mungil tersebut. Agar penyaluran suara dari head unit ke power amplifier maupun speaker tanpa hambatan, Theo menggunakan kabel RCA serta kabel speaker berlabel Van Den Hull. Semua power amplifier berikut processor dan subwoofer tertata rapih di bagasi belakang dengan kosmetik yang simpel.
Modifikasi Honda All New CR-V
Modifikasi Honda All New CR-V
Modifikasi Honda All New CR-V
Dengan semua konfigurasi sound system yang lama pengerjaannya dalam waktu 1 bulan, maka Honda All New CR-V kepunyaan Suparli siap diberangkatkan untuk bertanding di kancah kontes SQ. “Tapi ini masih kurang sempurna, tapi sebelum turun pasti akan ada pengaturan ulang.” ucap Theo.

Data modifikasi :
Eksterior : Body Kit Modulo, Eyelids Custom, Muffler Custom. Kaki-kaki : Velg Rep Estatus R22, Ban Toyo Proxes ST2 265/35 R22, Per Eibach. Audio : Head Unit McIntosh MX4000 + McIntosh MDA4000, Head Unit Alpine F1 Status DVI-9990E, Processor Alpine PXI-H990, Speaker Alpine F1 Status SPX-Z18T 3-Way, Crossover by Deulund, Subwoofer JL Audio 8W7, 2pcs Power Amplifier McIntosh MC431M (Speaker), Power Amplifier Diamond (Subwoofer), Kabel RCA & Speaker Van Den Hull, Peredam Extreme Mat.

Powered By : Lux’e Car Interior & Audioworkshop, Ruko Gading Serpong, Jl. Kelapa Puan Raya Blok AF 1 No. 26 Summarecon Serpong, Gading Serpong, Tanggerang. Ph. (021) 5466311

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Car Cursors at www.totallyfreecursors.com