Mungkin bagi orang awam, judul artikel
ini akan membingungkan karena terdapat kata-kata ‘sebelas detik’ dan
‘pemakaian harian’. Pastinya akan berpikir mobil harian yang hanya dapat
berjalan selama 11 detik. Tetapi bukan itu maksudnya, melainkan mobil
ini sanggup menempuh waktu 11 detik di lintasan drag race dengan jarak
402 meter.
Betul saja, Mitsubishi Lancer Evolution 8
GSR kepunyaan Mr.13 ini memang tidak memiliki tampang mobil super
kencang jika dilihat sekilas. Karena sebuah mobil yang sudah bisa
menempuh waktu 11 detik di drag race biasanya sudah di-‘trondolin’ atau
sejenisnya. “Pemiliknya menginginkan mobil yang kencang tetapi masih
enak dipakai harian,” buka Luckas Dwinanda dari engine+ yang
mengkomandoi mobil ini.
Sebelum masuk ke area mesin, ada baiknya
kita membahas bagian luarnya dulu. Pada eksterior, Mr.13 tidak mau
muluk-muluk terlihat mobil kencang. Kebetulan Evolution 8 ini berwarna
hitam, maka dari itu hanya mengganti beberapa bagiannya saja. Terdapat
Voltex Carbon Hood, Do Luck Front Spoiler serta Ganador Side Mirror.
Sedangkan bagian belakang hanya dipermanis dengan pergantian bemper
model Evolution 9.
Pada sektor kaki-kaki juga tak kalah
penting untuk mendukung ‘menuju 11 detik’. Tetapi Mr.13 hanya sekedar
mengganti velg standar Evolution 8 kepunyaannya dengan Volk Rays CE28
berdiameter 18 inci serta dibalut ban Advan Neova 225/40-R18. Sementara
bagian lainnya hanya menyematkan suspensi Tein Mono Flex.
Setelah membahas eksterior dan kaki-kaki, kini saatnya membuka kap mesin Evolution 8.
Di dalam mesin kebanggaan Mitsubishi
yang berkode 4G63 ini ternyata sudah mendapat beberapa perangkat high
performance seperti Tomei Piston CR 8.5:1, Tomei Con Rod, Tomei Valve
Spring & Retainer, Tomei Cam Gear dan masih banyak lagi. Bagian
turbo juga mendapat pergantian dengan memakai Borg Warner Turbo T3/T4
yang mengharuskan perubahan pada header dengan memakai Fullrace Header
serta diteruskan ke HKS Exhaust System. Agar mendapatkan banyak debit
udara yang masuk ke dalam mesin, maka intake manifold dan throttle body
standar harus digusur dan digantikan merek tuner AMS. Selain itu debit
bensin yang masuk juga harus dibuat deras dengan dilakukannya penambahan
Surge Tank custom serta Fuel Pump Bosch 044. Hal ini juga harus
didukung injector yang lebih besar, maka dipakailah memakai injector FIC
1150cc. Semua perangkat high performance yang sudah menempel di bagian
mesin kemudian diatur oleh ECU Haltech Platinum PRO. Kemudian bagian
transmisi juga tidak dibiarkan standar, melainkan dibikin rapat-rapat
dengan menyematkan Buschur Close Ratio Gear Set serta menambahkan ATS
Twinplate Carbon agar semakin ‘menggigit’.
Semua perubahan tersebut membuat tenaga
Mitsubishi Lancer Evolution 8 GSR ini melonjak menjadi 550 WHP serta
torsi 481 lbs.ft @ wheel. Tenaga mesin ini membawa berkah kepada Mr.13
karena mobilnya dapat mengikuti kelas 11 detik pada gelaran Drag Race
bulan Oktober lalu dengan menyabet juara 1 dan dapat menempuh best time
11.2 detik. Catatan ini berhasil diraih dengan menggunakan bahan bakar
Racing Fuel. Sementara untuk harian cukup menggunakan bahan bakar
beroktan 92 keatas.
Data Modifikasi :
Mesin : Tomei Cam Gear, Tomei Valve Spring & Retainer, Tomei Piston CR 8.5:1, Tomei Con Rod, Tomei Timing Belt, Toda Head Gasket, ARP Main Stud, ARP Head Stud, ACL Bearings, ATI Damper Pulley, M&W Direct Ignotion, AMS Intake Manifold, AMS Throttle Body, Borg Warner Turbo T3/T4, HKS BOV, HKS R-Type Intercooler, Fullrace Header, HKS Exhaust System, Buschur Close Ratio Gear Set, ATS Twinplate Carbon, Custom Surge Tank, Bosch 044 Fuel Pump, FIC 1150cc Injector, Haltech Platinum PRO, Apexi AVCR Boost Control. Eksterior : Voltex Carbon Hood, Do Luck Front Spoiler, Ganador Side Mirror, Evolution 9 Rear Bumper. Kaki-kaki : Volk Rays CE28 18”, Advan Neova 225/40-R18, Tein Mono Flex.
0 komentar:
Posting Komentar