Jumat, 27 Januari 2012

Modifikasi Mitshubishi Lancer EVO 8

Mungkin bagi orang awam, judul artikel ini akan membingungkan karena terdapat kata-kata ‘sebelas detik’ dan ‘pemakaian harian’. Pastinya akan berpikir mobil harian yang hanya dapat berjalan selama 11 detik. Tetapi bukan itu maksudnya, melainkan mobil ini sanggup menempuh waktu 11 detik di lintasan drag race dengan jarak 402 meter.

Mitsubishi Lancer Evolution 8 GSR
Betul saja, Mitsubishi Lancer Evolution 8 GSR kepunyaan Mr.13 ini memang tidak memiliki tampang mobil super kencang jika dilihat sekilas. Karena sebuah mobil yang sudah bisa menempuh waktu 11 detik di drag race biasanya sudah di-‘trondolin’ atau sejenisnya. “Pemiliknya menginginkan mobil yang kencang tetapi masih enak dipakai harian,” buka Luckas Dwinanda dari engine+ yang mengkomandoi mobil ini.
Mitsubishi Lancer Evolution 8 GSR
Sebelum masuk ke area mesin, ada baiknya kita membahas bagian luarnya dulu. Pada eksterior, Mr.13 tidak mau muluk-muluk terlihat mobil kencang. Kebetulan Evolution 8 ini berwarna hitam, maka dari itu hanya mengganti beberapa bagiannya saja. Terdapat Voltex Carbon Hood, Do Luck Front Spoiler serta Ganador Side Mirror. Sedangkan bagian belakang hanya dipermanis dengan pergantian bemper model Evolution 9.
Mitsubishi Lancer Evolution 8 GSR
Mitsubishi Lancer Evolution 8 GSR
Pada sektor kaki-kaki juga tak kalah penting untuk mendukung ‘menuju 11 detik’. Tetapi Mr.13 hanya sekedar mengganti velg standar Evolution 8 kepunyaannya dengan Volk Rays CE28 berdiameter 18 inci serta dibalut ban Advan Neova 225/40-R18. Sementara bagian lainnya hanya menyematkan suspensi Tein Mono Flex.
Mitsubishi Lancer Evolution 8 GSR
Setelah membahas eksterior dan kaki-kaki, kini saatnya membuka kap mesin Evolution 8.
Mitsubishi Lancer Evolution 8 GSR
Di dalam mesin kebanggaan Mitsubishi yang berkode 4G63 ini ternyata sudah mendapat beberapa perangkat high performance seperti Tomei Piston CR 8.5:1, Tomei Con Rod, Tomei Valve Spring & Retainer, Tomei Cam Gear dan masih banyak lagi. Bagian turbo juga mendapat pergantian dengan memakai Borg Warner Turbo T3/T4 yang mengharuskan perubahan pada header dengan memakai Fullrace Header serta diteruskan ke HKS Exhaust System. Agar mendapatkan banyak debit udara yang masuk ke dalam mesin, maka intake manifold dan throttle body standar harus digusur dan digantikan merek tuner AMS. Selain itu debit bensin yang masuk juga harus dibuat deras dengan dilakukannya penambahan Surge Tank custom serta Fuel Pump Bosch 044. Hal ini juga harus didukung injector yang lebih besar, maka dipakailah memakai injector FIC 1150cc. Semua perangkat high performance yang sudah menempel di bagian mesin kemudian diatur oleh ECU Haltech Platinum PRO. Kemudian bagian transmisi juga tidak dibiarkan standar, melainkan dibikin rapat-rapat dengan menyematkan Buschur Close Ratio Gear Set serta menambahkan ATS Twinplate Carbon agar semakin ‘menggigit’.
Mitsubishi Lancer Evolution 8 GSR
Mitsubishi Lancer Evolution 8 GSR
Semua perubahan tersebut membuat tenaga Mitsubishi Lancer Evolution 8 GSR ini melonjak menjadi 550 WHP serta torsi 481 lbs.ft @ wheel. Tenaga mesin ini membawa berkah kepada Mr.13 karena mobilnya dapat mengikuti kelas 11 detik pada gelaran Drag Race bulan Oktober lalu dengan menyabet juara 1 dan dapat menempuh best time 11.2 detik. Catatan ini berhasil diraih dengan menggunakan bahan bakar Racing Fuel. Sementara untuk harian cukup menggunakan bahan bakar beroktan 92 keatas.
Mitsubishi Lancer Evolution 8 GSR
“Semua bagian seperti a/c dan power steering tidak ada yang dicopot bos alias ‘kumplittt’, bahkan tidak ada kata copot bangku dan sebagainya,” ucap Echin dari engine+. “Progresnya sudah mencapai 90% dari keinginan pemiliknya, tetapi tenaganya mau ditingkatkan lagi,” tambah Luckas. “Kedepannya juga mobil ini bisa bermain di kelas 10 detik @402m dengan kondisi juga bisa dipakai harian seperti sekarang,” tutup Luckas.

Data Modifikasi :
Mesin : Tomei Cam Gear, Tomei Valve Spring & Retainer, Tomei Piston CR 8.5:1, Tomei Con Rod, Tomei Timing Belt, Toda Head Gasket, ARP Main Stud, ARP Head Stud, ACL Bearings, ATI Damper Pulley, M&W Direct Ignotion, AMS Intake Manifold, AMS Throttle Body, Borg Warner Turbo T3/T4, HKS BOV, HKS R-Type Intercooler, Fullrace Header, HKS Exhaust System, Buschur Close Ratio Gear Set, ATS Twinplate Carbon, Custom Surge Tank, Bosch 044 Fuel Pump, FIC 1150cc Injector, Haltech Platinum PRO, Apexi AVCR Boost Control. Eksterior : Voltex Carbon Hood, Do Luck Front Spoiler, Ganador Side Mirror, Evolution 9 Rear Bumper. Kaki-kaki : Volk Rays CE28 18”, Advan Neova 225/40-R18, Tein Mono Flex.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Car Cursors at www.totallyfreecursors.com