Nah,
ini dia mobil cukup yang cukup menjadi sorotan mata para peserta dan
juga pengunjung SKA MALL Pekanbaru pada saat gelaran Clas Mild Accelera
Auto Contest beberapa saat lalu. Toyota Rush keluaran 2009 yang digarap
oleh rumah modifikasi XTREME Abadi Pekanbaru dengan tampang yang
ekstrim dan sesuai dengan naman bengkel juga konsepnya yang sama-sama
ekstim, akhirnya berhasil pula meraih gelar sebagai The King Extreme
Clas Mild AAC Pekanbaru 2010.
Bagaimana tidak, liat saja tampang Rush ini, mulai dari eksterior
sampai dengan sisi bagian kabinya telah habis mendapat rombakan yang
sangat frontal. Namun ada lagi yang cukup mengagetkan, ternyata Toyota
Rush ini dibuat benar-benar dari “0” (nol). Eiit … bukan berarti
digarap dari bentuk aslinya hingga seperti ini, tapi yang dimaksud
dengan nol adalah kilometernya lhoo, alias mobil ini langsung di vermak
habis ketika keluar dari dealer, mantabkan !
Pengerjaan Toyota Rush yang masih virgin ini berlangsung selama 4
bulan, tak tanggung-tanggung, Rush ini langsung digarap masal sebanyak
200 orang untuk yang mengerjakan ditiap-tiap sektornya masing-masing.
“Supaya lebih cepat pengerjaanya, tidak terkatung-katung dan tidak
harus menunggu-nunggu,” ujar Vivi Yanti sebagai pemilik mobil si virgin
ekstrim ini.
Ubahan
utama tentu berada di tampilan luarnya. Untuk menghilangkan sedikit
tampang standar Rush ini, maka penempelan full bodykit turut
disematkan, bahkan spoiler di bumper depan hampir menjilat aspal
terlebih ketika disematkan pelek besar dari EXE Pegasus berukuran 22”.
Walaupun demikian, Vivi masih kepingin agar mobil tetap berfungsi
layaknya kendaraan sehari-hari, oleh karena itu ia mengakalinya dengan
pemasangan air suspension kepunyaan Universal air 4 point.Uups
… rupanya dalam mengarap Rush ini, Vivi dan rekan-rekannya mengalami
kesulitan dalam instalasi air suspensinya. Karena tak ingin menyerah,
maka ia sengaja mendatangkan specialis air suspension dari Akasia Motor
di Jakarta. “Maklum di Pekanbaru belum ada specialist air suspen, jadi
mau tak mau saya datangkan dari Jakarta aja langsung,” Ujarnya. Beralih
ke sektor yang cukup menjadi perhatian adalah bagian pintunya yang
dibuat dengan model scissors door atau model gunting yang dapat dibuka
keatas. Pengerjaan eksterior cukup terpilang apik dan rapih, karena
hampir tak ada cacat sedikitpun dari sisi depan samping juga bagian
belakangnya. Tak lupa juga bagian head lamp yang dirombak dengan
menggunakan HID 8500K dan foglamp millik Mitsubishi Triton HID 8500K.
Selain itu kap mesin depan juga telah di custom dengan menggunakan
sunroof engine yang dapat dibuka tutup dengan sistem motorized.
Begitu
pintu gunting terbuka, terlihat dalaman interior yang tertata rapi
namun menonjolkan aroma sporty yang tajam dengan adanya berbagai
indikator dari Auto Gauge yang bersarang di bagian dasboard layaknya
mobil-mobil racing. Belum lagi dengan beragam fitur lainnya untuk
memaksimalkan nuansa sportnya, sperti pemasangan jok Recaro 4 titik,
stier, pedal, shiftknob dan juga karpet bawah yang semuanya memakai
MOMO.
Setelah itu semua tertata, maka seluruh kabin dalaman Rush dibalut
dengan lapisan semi kulit dari MB Tech yang bermotif two tone. Bahkan
Vivi juga menempatkan Nitro Oxde System Venom di bagian consul tengah
yang makin memposisikan bahwa si perawan Rush ini sebagai mobil
Extream. Tak ingin kehilangan sisi hiburan, maka piranti sound car
system juga turut disematkan pada Rush ini. Dalam pemasangan atau
instalasi audionya Vivi juga tak mau setengah-setengah, bayangkan apa
saja yang tertanam di dalam kabin si perawan ini, 8 set speaker MA, 6
set subwoofer berukuran 12”, dan banyak lagi yang semuanya di control
oleh head unti Pioneer AVH-P4150DVD. Bisa buat ajib-ajib dijalanan,
layaknya car street party lhoo ….
Rampung
dengan tampilan luar, kabin dan audio, giliran sektor mesin yang
mendapat jatah untuk digarap. Garapan yang dilakukan Vivi cukup
terbilang gahar, bagaimana tidak sebagian dari isi hood depannya telah
terjejali dengan parts racing, mulai dari air filter SIMOTA, Vakum
Filter Hurricane, Engine Cut Off HELLA, Nitrous System NOS, Nitro Oxde
System Venom juga 4 buah muffler dari MOMO yang semuanya berfungsi,
bukan sekadar hiasan semata dan masih banyak lainnya lagi.
Dalaman
mesin juga mendapat sentuhan, seperti silinder dan intake yang telah di
haluskan alias porting polish ditambah dengan pemasangan turbocharge
membuat power Rush ini membengkak tinggi hingga 160 dk saat dilakukan
dynotest. Namun itu baru tenaga murni dari mesin saja looh, belum
ditambah dengan tekanan power dari NOSnya. Bisa tambah membengkak
tenaga dalam si perawan ini….
Apa
yang dihasilkan oleh Rush ini menjadi kebanggan untuk saya dan
rekan-rekan dari Xtreme Abadi, namun tak lantas kami lansung puas
begitu saja lhoo…karena untuk kedepanya masih ada ubahan lainnya pada
rush ini, yaitu pemasangan ragtops secara motorized yang dapat dibuka
tutup secara otomatis bila hujan turun,” ujar Vivi yang telah
menghabiskan kocek kurang lebih Rp 80 jutaan untuk si Perawan Toyota
Rush ini.
0 komentar:
Posting Komentar