Selasa, 21 Februari 2012

Modifikasi Nissan X-Trail

Nissan X-Trail milik Eddy memang sengaja dibangun khusus oleh Pujianto Suryana, installer audio kawakan dari workshop Music Art, untuk landing di ajang kompetisi Sound Quality (SQ). Coba lihat saja sederet perangkat audio yang bercokol di kabin depan maupun bagasi bekalang, semua perangkat yang dipakai adalah brand Hi-end dengan kualitas yang tidak main-main dan harga yang juga tidak murah.

Nissan X-Trail Music Art
Meskipun dibekali dengan sistem audio yang sangat mumpuni bukan berarti Eddy melupakan tampilan luarnya begitu saja. Tampang eksterior X-trail yang sudah macho dibuat lebih laki-laki dengan ubahan bodykit Nismo dan pelek SSR 19 inch dengan lapisan karet bundar Continental 245/25-R19 ditambah perangkat pengereman Stoptech. Tak lupa juga sektor mesin mendapat sedikit sentuhan khusus agar laju mobil lebih bertenaga.
Nissan X-Trail Music Art
Eksterior Nissan X-Trail
Penasaran ingin tau sistem audio yang terbenam di dalam kabin mobil berkonsep SQ, mari kita buka pintu depan dan menelusuri jengkal demi jengkal perangkat yang digunakan. Dimulai dari head unit yang menggunakan McIntosh MX5000 lengkap dengan Power Output Meter McIntosh MPM 4000. Sementara untuk memproses suara, Eddy mempercayakan kepada produk Alpine PXA-H900.
Audio Nissan X-Trail Music Art
Head Unit McIntosh MX5000
Tidak hanya diperuntukan untuk berjajar dititah tertinggi kontes modifikasi SQ, tetapi X-trail milik Eddy memang sengaja dibangun agar bisa bersaing. Oleh karena itu, faktor pendukungnya adalah dibenamkan perpaduan speaker depan 3way dengan tweeter Venture AMT, midrange Venture VT4, dan midbass Fabulous Acoustic FA1 yang berukuran 5 inch sehingga membuat komposisi suara yang dihasilkan begitu powerfull namun tetap jernih dan harmonis mengalun ke gendang telinga.
Tweeter Venture AMT - Midrange Venture VT4 - Midbass Fabulous Acoustic FA1
Pindah ke bagian bagasi, aura kompetisi begitu kental terasa berkat becokolnya piranti penghasil suara rendah subwoofer Fabulous Acoustic FA1 berukuran 12 inch yang diletakan di sisi kiri bagasi. Selain itu dibagian tengah bagasi terdapat dua unit power Hi-end, Zelos Diamond-777 dan Zelos Verdi yang berfungsi men-drive speaker dan subwoofer agar sinyal suara yang dihasilkan lebih kuat dan powerfull. Sementara untuk semua kabel, baik speaker maupun RCA menggunakan Kimber.
Audio Nissan X-Trail Music Art
Fabulous Acoustic FA1 Subwoofer - Zelos Diamond-777 Power Amplifier - Zelos Verdi Power Amplifier
Dengan semua perangkat tersebut, mobil yang berpenampilan galak ini sempat membuat persaingan di beberapa kelas pada ajang kontes SQ menjadi sengit. Persaingan ketat pun juga membuahkan hasil baik, terbukti pada saat ajang kontes yang dihelat oleh majalah audio ternama beberapa bulan yang lalu, X-trail lansiran tahun 2005 ini berhasil menyabet juara ke-3 dikelas FFA.

1 komentar:

 
Free Car Cursors at www.totallyfreecursors.com